Sabtu, 16 Februari 2013

Teknologi Masa Lalu

Orang-orang beranggapan bahwa masa lalu tak secanggih masa sekarang, mungkin orang yang beranggapan seperti ini harus berpikir dua kali setelah membaca pernyataan-pernytaan mengejutkan dibawah ini. Tetapi tidak semua hal dari zaman dahulu lebih maju dari zaman sekarang. Berikut hal-hal dari masa lalu yang membuat kita tercengang membacanya.

Kalkulator Kuno
Pada tahun 1901, penyelam di perairan pulau Antikythera yang bernama Simone Grece menemukan artefak berusia lebih dari 2000 tahun dari sebuah reruntuhan di dasar laut. Lalu, artefak ini di teliti oleh Derek.J.De Solla Price dan diketahui memiliki fungsi sebagai "Kalkulator" yang dapat menghitung pergerakan bumi dan planet.

Reaktor Nuklir 
Sebuah reaktor uranium yang ditemukan pada tahun 1971 di Gabon, Afrika oleh ilmuan Hongaria diperkirakan sudah berusia lebih dari dua ribu tahun. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa benda tersebut mengandung radio aktif yang sngat besar. Penemuan itu menunjukan manusia ilmu atom dan menggunakan sumber nuklir sebagai sumber tenaga untuk digunakan sehari-hari


Kendaraan
Ukiran purba berusia 3000 tahun yang ditemukan di kuil mesir juno menunjukan gambar kendaraan yang dapat kita temukan dimasa kini. Kendaraan yang terlihat jelas adalah pesawat terbang, helikopter, kapal selam, dan kapal speed boat. Penemuan ini diperkua dengan bukti lain berupa replika pesawat terbang di Saquuara Mesir. Usia replica ini lebih dari 2200 tahun .

Jantung Buatan
Di dada kiri mummy lelaki dalam sebuah piramid Mesir, peneliti menemukan jantung buatan yang berumur 5000 tahun. Padahal, jantung buatan baru bisa dibuat beberapa puluh tahun lalu. Ini menunjukan bahwa ilmu kedokteran sudah ada sejak 5000 tahun lalu.

Robot 
Ma Daifengm orang jenius yang hidup pada pemerintahan Kaisar Mu (976-922 SM) di China telah menciptkan aplikasi robotik yang sistem kerjannya menggunakan mekanisme mekanikal. Robot tersebut bisa bernyanyi, dan menari seperti manusia. Selain itu robot yang mempunyai organ seperti tulang, otot, kulit, sendi dan rambut ini dapat membawa peralatan kepada tuannya. Ma Daifeng juga menciptakan robot mampu bekerja tanpa di control manusia.

Penemua Baterai
Pada tahun 1930, arkeolog Austira, Dr.Wilhem Konig yang melakukan penggalian di daerah Khujut Rabula, Baghdad, menemukan suatu obyek aneh yang tertanam di daerah itu. Setelah diteliti ternyata adalah sebuah baterai kuno yang berusia 2000-5000 tahun. Penemuan itu mematahkan penemuan sejarah baterai sebelumnya. Sejarah baterai diketahui pertama kali ditemukan pada tahun 1800 oleh Count Alessandro Volta .

Memang penemuan di atas sulit dipercaya, namun lepas dari semua manusia purba memberikan kita isnpirasi untuk melakukan penemuan yang dapat digunakan oleh manusia lainnya .

0 komentar:

Posting Komentar